Jumat, 03 Desember 2010

Belajar Membuat File Sehingga Hasil Cetaknya Sama pada Komputer Yang Berbeda

Tips ini saya tahu dari blognya mas Aldy, sebenarnya saya ingin  me-link  langsung tentang artikel ini, tapi saya tadi cek ke blog tersebut, saat ini blognya mas Aldy sedang dalam perawatan (under construction).  Yah jadinya saya copy kembali isi artikel tersebut.
Berikut tips agar hasil cetak file  selalu sama pada komputer yang berbeda. Sebelumnya tips ini dilakukan pada aplikasi Microsoft Word 2007 dengan cara kerja tips ini adalah meng-embed font yang digunakan karena kadang kala file ketikan yang kita buat setelah dibuka (dicopy) pada komputer yang berbeda, hasil cetakan juga berbeda. Hal ini terjadi karena jenis font yang terinstall pada system. Apabila font yang digunakan pada dokumen tidak terdapat dalam system, maka system akan mencarikan jenis huruf yang masih satu family.
Langkah pertama :
  1. Klik pada icon Office yang ada di pojok kiri atas,
  2. Pada jendela yang keluar pilih Word Options
  3. Pada jendela word options, di kelompok Save, beri tanda centang pada Embed Fonts in the file
Langkah Kedua :
  1. Kemudian, klik pada Advances,
  2. Pada jendela sebelah kanan, lakukan scrolling kebawah sampai pada kelompok Compability options for
  3. Klik tanda (+) yang ada dibawah. Cari User Printer Metrics to Lay out Document.
  4. Beri tanda centang dan Klik OK untuk menutup jendela Word Options.
Saya pribadi sudah melakukan tips diatas, tetapi untuk hasil cetaknya saya belum mencobanya. Bagaimana dengan pembaca blog ini? Pernahkah mencoba tips diatas? Sharingnya di kolom komentar.
Catatan: ini link langsung artikel diatas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar